Home » » Hukum Istighfar

Hukum Istighfar

Istighfar adalah merupakan suatu bentuk ibadah yang sangat mulia dan dianjurkan bahkan merupakan suatu amalan yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap hamba Allah Subhanahu Wata'ala. Istighfar adalah merupakan salah satu cara bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata'ala, baik hal tersebut dilakukan serta ditujukan untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. 

Oleh karena itu, kedudukan akan hukum Istighfar itu sendiri adalah seperti berikut :

Dihukumi Sunat - membaca istighfar pada asalnya mulanya adalah merupakan amal ibadah sunat atau boleh dilakukan pada suatu waktu tertentu.

Wajib - Membaca istighfar harus dilakukan oleh setiap hamba Allah Subhanahu Wata'ala setelah berbuat dosa, dimana seorang hamba diwajibkan untuk bersegera beristighfar jika ia melakukan perkara yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wata'ala dengan kemudian bertekad untuk tidak melakukan perkara tersebut dikemudian hari.

Haram - Membaca istighfar untuk orang yang Kafir dan Fasik serta Munafik, istighfar bagi mereka tidak ada manfaat dan atau faedahnya sama sekali, disebabkan oleh kekufuran dan kefasikannya, walaupun ia saudara dekat kita.

0 comments:

Post a Comment