Home » » Manfaat Istighfar

Manfaat Istighfar

Membaca Istighfar adalah merupakan salah satu jalan atau langkah awal untuk memohon ampunan Nya disaat kita melakukan kekhilafan dan kesalahan pun demikian dengan istighfar pula kita dapat menolong dan atau mendo'akan saudara kita. Sebagaimana dijelaskan dalam banyak ayat didalam Al Quran bahwasanya Manusia adalah merupakan satu - satunya makhluk Allah Subhanahu Wata'ala yang diberikan kelebihan namun dijelaskan juga dalam banyak ayat bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan seringkali berbuat khilaf dan dosa dengan sadar ataupun tanpa disadarinya.

Namun demikian dibalik kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh manusia dan sebaik baiknya orang yang berbuat dosa adalah mereka yang selalu mengingat Allah Subhanahu Wata'ala dan memohon ampunan atas segala dosa dan khilaf yang ianya telah lakukan. 

Istighfar adalah merupakan satu bentuk amalan yang mulia yang Insya Allah senantiasa dilakukan oleh para Nabi , Rasul dan waliyullah (hamba - hamba Nya yang saleh). Bacaan Istighfar mempunyai satu kedudukan yang sangat tinggi dalam diri seorang hamba, dan bahkan allah Subhanahu Wata'ala memadukannya dengan derajat Takwa serta memberikan pahala syurga dan mengabulkan do'a dari setiap hamba yang mau dan mampu melanggengkan bacaan istighfar.

Pujian Allah Subhanahu Wata'ala terhadap Al-Mustaghfirin (mereka yang selalu beristighfar), Allah Subhanahu Wata'ala memuji mereka sebagaimana termaktub dalam firmannya :

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

Yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur"Ali-`Imron 17, dan juga dijelaskan dalam surah Adz Dzariyaat

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ 

"Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar...." untuk lebih lengkapnya baca surah Adz Dzariyaat ayat 15 - 23

"Ashar" adalah bentuk plural "Sahr" yang berarti sepertiga malam, waktu ini hendaknyalah di is dengan memperbanyak bacaan istighfar, karena berdo'a diwaktu ini sangat mustajab.

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment