Home » » Mohon Ampunan Karena Khilaf

Mohon Ampunan Karena Khilaf

Lafadz atau bacaan serta do'a guna untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wata'ala ketika kita melakukan kesalahan atau kekhilafan tidak hanya dengan memakai kalimah Astaghfirullahal Adhim akan tetapi dapat juga dengan menggunakan bacaan atau do'a sesuai dengan apa yang telah Para Nabi dan Rasul Allah Subhanahu Wata'ala contohkan sebagaimana banyak dijelaskan didalam Al Quran.

Doa ini memiliki manfaat dan atau tujuannya adalah untuk mohon pertolongan kepada Allah Subhanahu Wata'ala dalam segala hal agar supaya kita mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupan didunia dan mendapat ampunan kelak di akhirat, dan agar supaya beban dan tanggung jawab berat yang telah manusia pikul dapat kita jalani dengan mudah.

Perlu diketahui kemudian bahwasanya sebenarnya Islam yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul Allah Subhanahu Wata'ala adalah agama yang mudah dan tidak membebani setiap umat manusia melainkan sesuai dengan kesanggupan yang dimiliki oleh seseorang tersebut dan masing - masing dari mereka akan mendapatkan pahala dari setiap amal kebajikan yang telah diusahakannya dan ia akan mendapat balasan siksa akibat dari kejahatan yang telah dikerjakannya, tentunya kesemuanya adalah kembali kepada kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala apakah Dia mau memaafkan dan mengampuni atau sebaliknya.

Meski kita semua sudah mengetahui bahwasanya Allah Subhanahu Wata'ala tidak membebani setiap umat manusia yang tidak mampu menjalankan semua perintah-Nya namun hal tersebut bukanlah lantas kemudian menjadikan kita bersantai , berdiam diri , dan merasa seolah tidak ada permasalahan karena maksud dari hal itu adalah agar supaya kita senantiasa memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wata'ala sebagai ganti dari setiap perintah yang tidak kita laksanakan, dengan harapan semoga Allah Subhanahu Wata'ala memberikan kita ampunan dan pahala serta tempat kembali yang baik nantinya.

Berikut adalah doa yang hendaknya kita semua amalkan dan istiqomahkan setiap hari / setelah selesai shalat lima waktu :

رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya :

"Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau melakukan perbuatan kesalahan dan dosa, Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir" 
 (QS. Al-Baqarah ayat 286).

Semoga kita dapat mengamalkannya setiap hari.

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment